You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pelatihan Membatik di Ancol Diapresiasi Warga
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelatihan Membatik di Ancol Diapresiasi Warga

Sebanyak 30 warga mengikuti Pelatihan Seni Rupa Membatik yang diselenggarakan Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara. Kegiatan ini berlangsung mulai 3-14 Juni 2024 di Kantor Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan.

Melestarikan batik sebagai kearifan lokal 

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Utara, Cucu Rita Sary mengatakan, kegiatan yang menjadi wadah bagi warga Jakarta Utara untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang membatik ini mengusung tema "Batik Pesisir Utara".

"Kegiatan ini menjadi salah satu program untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan warga agar lebih kreatif dan dapat ikut melestarikan batik sebagai kearifan lokal yang diakui UNESCO," ujarnya, Jumat (7/6).

Sudin Kebudayaan Jakpus Gelar Pelatihan Membatik bagi Disabilitas

Rita menjelaskan, dalam pelatihan ini, peserta diberikan materi teori dan praktik membatik, mulai dari membuat pola, menggunakan canting, dan tahapan lainnya.

"Fasilitas peraga bagi peserta telah disiapkan oleh panitia. Semoga hasil pelatihan ini para peserta dapat memiliki keahlian baru di bidang membatik,” harapnya.

Menurutnya, setelah empat hari pelatihan, peserta semakin bersemangat dan antusias mengikuti tahapan pelatihan.Diharapakn, melalui pelatihan ini, batik dapat berkembang luas di masyarakat dan lingkungan.

"Membuat batik itu memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Semoga ini dapat memberi peluang baru untuk menambah penghasilan keluarga mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, Lety (44) mengaku sangat senang bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan untuk membuat batik secara baik serta benar.

"Saya diajarkan mulai dari pembuatan pola atau motif, mencanting hingga penentuan warna. Saya menjadi paham membuat batik tulis itu tidak mudah, butuh kesabaran dan keterampilan, sehingga wajar nilai jualnya tinggi," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1212 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1089 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1034 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye815 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye769 personBudhi Firmansyah Surapati